Ideas for PRMD!

Irviene:

Iseng-iseng ikut event ini. Berharap menang? Unfortunately not, haha. Banyak yang lebih baik dari saya. Target saya sih hanya ingin meningkatkan self-confidence dan courage saja. 

Saya menulis esai ini setelah bangun pagi pada hari deadline (10 Maret 2011). Asal-asalan, acak-acakan. Messy look-lah istilah fesyennya. tetapi tetap menulis dengan hati, kok.

Enjoy!

Ide Kreatifku sebagai Duta Paramadina


Saya percaya ide kreatif bermula dari memahami esensi. Sebuah ide  hanya akan menjadi ide yang hampa jika tujuannya tidak jelas ke mana. Jadi yang perlu saya ketahui terlebih dulu adalah: Apa arti seorang duta bagi Paramadina?
Jujur, saya baru mengetahui bahwa ada sebuah kampus di Jakarta yang bernama Universitas Paramadina karena mengikuti program beasiswa Paramadina yang di-share di situs-situs pencarian beasiswa. Sebelum itu, saya sama sekali tidak tahu apa-apa! Saya tidak tahu siapa rektornya, tidak tahu apa keunggulannya, tidak mengerti bagaimana bangunannya, bagaimana kualifikasi mahasiswanya, bagaimana lingkungan belajarnya, berapa bayarnya. Tidak ada satu pun cuilan informasi yang saya tahu tentang Paramadina. Saya rasa hal ini patut disayangkan karena setelah selama lebih dari satu setengah tahun saya berkuliah di sini, saya merasa Paramadina adalah sebuah kampus swasta yang tak kalah kualitasnya dengan universitas swasta dan negeri. Ia juga mempunyai diferensiasi pendidikan dengan metode yang berbeda, yaitu dual transkrip. Namun, karena kampus ini lebih menonjol artisnya daripada kelebihannya secara obyektif, tidak mengherankan jika ada anak Paramadina yang ditanya ia berkuliah di mana, ia akan menjawab dengan nada malu-malu dan suara pelan, “Parmad, gan.. ”
Saya rasa di ranah inilah seharusnya seorang duta menjalankan tugasnya. Seorang duta berfungsi sebagai penyampai pesan mengenai siapa sesungguhnya Paramadina dan mengapa kita harus mencintainya,  baik untuk kalangan eksternal atau pun internal Paramadina.
Untuk itu, saya mempunyai beberapa ide. Di kalangan internal Paramadina, saya mempunyai keinginan untuk mendirikan “Paramadina Original Merchandise Store” yang menjual barang-barang dengan hak cipta Universitas Paramadina, seperti cutting sticker, kaos, pin, mug dan merchandise lain. Toko ini akan di-launching dengan acara “I LOVE PRMD”. Acara ini bertujuan agar rasa bangga akan alamamater bisa tumbuh di kalangan mahasiswa.  Selain itu, prestasi-prestasi yang telah diraih mahasiswa Paramadina haruslah diberi penghargaan prestasi, selain dipublikasikan di website yang selama ini telah dilakukan, contohnya dengan memasang banner prestasi di lobi, mempublikasikannya di media cetak, dan lain-lain. Degan dihargai, mahasiswa Paramadina menjadi bangga dan percaya diri.
Di kalangan eksternal, saya merasa sisi yang harus ditonjolkan Paramadina adalah perbedaannya. Karena itu, publikasi yang dilakukan juga tidak hanya publikasi media cetak mainstream yang menampilkan sekumpulan mahasiswa terlihat pintar yang juga dilakukan oleh universitas lain. “Paramadina Berani Beda” adalah sebuah iklan yang berisi penuh dengan puluhan real quotation dari mahasiswa dan alumni tentang perbedaan dan keunggulan universitas ini, secara jujur.
            Paramadina berbeda. Paramadina penuh karya. Kita cuma harus menunjukkannya.


Babbling Lady:

Mau dong chiin masuk Paramadinaa 

Leave a Reply